Pages

Rabu, 28 November 2012

Tips Persiapam Sebelum Bermain Futsal


Tips persiapan sebelum bermain futsal

Futsal memang olahraga yang sangat mengasikkan dan saat ini menjadi olahraga yang paling digandrungi oleh berbagai kalangan. namun sebelum kita bermain futsal hendaklah mempersiapkan diri agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Sedikit tips yang mudah-mudahan berguna bagi masbro-masbro yang ingin bermain futsal secara sehat dan aman :
 Tips 1: Beristirahatlah yang cukup!
Apabila masbro berencana untuk bermain futsal, maka tidurlah yang cukup pada malam sebelumnya. Istirahat berkualitas (6-7 jam tidur nyenyak) akan menjamin masbro bangun dengan tubuh yang segar dan tenaga yang cukup untuk bermain futsal.
Sebaliknya, jika masbro begadang atau kurangan istirahat, bisa menyebabkan otot kaku dan kurang tenaga, pikiranmu pun akan berjalan lambat. Hal ini dapat mempengaruhi permainan futsal masbro karena dalam bermain futsal kita dituntut untuk berpikir cepat.
Tips 2: Makanlah makanan yang mengandung banyak karbohidrat sebelum bermain futsal!
Makanlah makanan yang mengandung karbohidrat dalam jumlah banyak, tentu saja 3 jam sebelum bermain!! Karena jika masbro memakan makanan sesaat sebelum bermain futsal masbro tidak akan mendapatkan tambahan tenaga meainkan menjadi beban karena tubuh kita memerlukan waktu untuk mengubah karbohidrat menjadi tenaga.
Namun jika memang diperlukan, sebagai tambahan energi instant masbro dapat memakan satu buah pisang sebelum bermain tapi ingtatpisng disini adalah buah pisang segar, bukan pisang dalam bentuk pisang goreng, pisang molen, atau pisang-pisang dalam wujud olahan lainnya.
Tips 3: Pastikan kadar air di tubuh masbro cukup dengan minum secara periodik sebelum bermain futsal!
Konsumsi air putih yang cukup, Tidak perlu terlalu banyak dan jangan sampai masbro merasa kembung. Minum secara bertahap selama 2 jam sebelum bermain futsal kurang lebih 1 liter  air putih untuk mencegah kekurangan air dalam tubuh (dehidrasi).
Tips 4: Lakukan pemanasan sesaat sebelum mulai bermain futsal!
Lakukan pemanasan secukupnya. Lakukan peregangan pada otot kaki, pinggang, dan punggung. Jangan terlalu keras, karena bisa membuat masbro cedera. Regangkan otot sampai terasa tidak nyaman namun belum sampai terasa sakit. Ulangi beberapa kali!
Pemanasan atau warming up dan stretching yang baik dapat meningkatkan aliran darah ke otot yang bekerja, yang mencegah kekakuan otot dan nyeri. Pemanasan juga sangat mengurangi risiko cedera dan meningkatkan kinerja Masbro
Tips 4: Gunakanlah sepatu futsal yang sesuai!
Pada dasarnya lapangan futsal terbagi menjadi dua: permukaan keras atau rumput sintetis. Lapangan futsal yang menggunakan permukaan keras biasanya terbuat dari papan, karet, maupun lempengan plastik yang dipadatkan. jika masbro akan bermain di lapangan yang menggunakan permukaan keras (bukan rumput sintetis), gunakanlah sepatu futsal yang memiliki sol datar, tanpa gerigi. Jika Masbro menggunakan sepatu bergerigi di lapangan dengan permukaan keras, besar kemungkinannya Masbro akan mudah terjatuh pada saat berhenti kejut.
Sedangkan untuk lapangan yang menggunakan rumput sintetis, sebaiknya Masbro memilih sepatu futsal yang solnya memiliki gerigi. Sepatu jenis ini akan memudahkan Masbro dalam berlari dan melakukan manuver kaki di permukaan rumput sintetis
Good luck n Selamat mencoba!!! ~_^

0 komentar:

Posting Komentar